Cara Download Aplikasi Nilai Sekolah 2016 di BIO UN Web Online


Posted By: Nasrul Alimuddin - 1/01/2016
Tidak lama lagi Operator Sekolah akan disibukkan dengan penginputan nilai sekolah, dan nilai sekolah akan diambil dari nilai rata-rata raport dan dijumlahkan dengan nilai Ujian Akhir Sekolah yang diambil dari 50%-70% untuk nilai rata-rata raport dan 30%-50% untuk nilai Ujian Akhir Sekolah, adapun kriteria  penilaian tiap tingkat satuan pendidikan sesuai dengan POS UN 2015 adalah:
  1. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I, II, III, IV, dan V untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  2. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester III, IV, dan V untuk SMA/MA/SMAK/SMTK, dan SMALB dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  3. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I,  II, dan III untuk peserta yang menggunakan sistem kredit semester (SKS) dan dapat menyelesaikan program kurang dari tiga tahun.
  4. Gabungan antara nilai Ujian S/M dan nilai rata-rata rapor semester I sampai semester V untuk SMK/MAK dengan pembobotan 30% sampai dengan 50% untuk nilai Ujian S/M dan pembobotan 50%  sampai dengan 70% untuk nilai rata-rata rapor.
  5. Nilai S/M yang dikirimkan ke Panitia UN Tingkat Pusat harus diverifikasi oleh Panitia UN Tingkat Kabupaten/Kota dan Tingkat Provinsi, dan tidak dapat diubah setelah diterima oleh Panitia UN Pusat.
Dalam hal ini belum bisa dijadikan dasar mutlak sampai POS UN 2016 dirilis untuk acuan Nilai Sekolah untuk tahun ajaran 2015/2016, aplikasi yang digunakan untuk penginputan Nilai Sekolah adalah Aplikasi Nilai Sekolah BIO UN Offline dan aplikasinya itu dapat didownload di halaman dasbor utama BIO UN Web Online (Silahkan klik http://118.98.236.43 dan login menggunakan username dan password sekolah anda dan masukkan kode verifikasi), setelah login lihat Widged Download sebelah kanan dasbor halaman utama BIO UN Web Online dan klik 'Entri Nilai Sekolah 2016' untuk mendownload aplikasi Nilai Sekolah 2016.


Saat ini saya selaku admin juga belum memiliki Username dan Password untuk login di Puspendik 2016, admin menggunakan tampilan gambar BIO UN Online 2014/2015. Dan bagi yang sudah memiliki username dan password untuk login di Puspendik 2016 (BIO UN Web Online), maka anda bisa mengikuti langkah di postingan ini untuk mengunduh Aplikasi Nilai Bio UN 2016. Jika tidak ada perbedaan antara cara mendownload Nilai Bio UN 2015 dan Aplikasi Bio UN 2016, maka langkah ini sangat pas bagi yang ingin mendownload Aplikasi Nilai Bio UN 2016. Biasanya aplikasi ini dibagikan atau dirilis saat setelah Pelaksanaan UAS dilakukan atau menjelang pelaksanaan UAN atau bisa juga dirilis setelah pelaksanaan UAN dilakukan atau kemungkinan saat ini sudah dirilis bersamaan dengan dirilisnya aplikasi BIODATA UN 2016. Username dan Password Bio UN Online 2016 bisa diperoleh dari admin kabupaten atau admin provinsi.

Setelah download aplikasi nilai, selanjutnya adalah memindahkan Aplikasi NS ke folder BIO UN Offline yang ada di laptop atau komputer anda berdampingan atau sejajar dengan file aplikasi BIODATA UN dan folder DATAPRG. Setelah Aplikasi Nilai Sekolah dipindahkan, maka langsung saja klik Aplikasi NS nya untuk login, masukkan username dan password BIO UN anda, dan selamat anda telah berhasil login dan sekarang di depan anda adalah jendela dari Aplikasi Nilai Sekolah, silahkan mengentri Nilai Sekolah dari Peserta Didik Sekolah anda dengan mengacu pada kriteria penilaian POS UN 2016 berdasarkan tingkat satuan pendidikan.

Karena saat ini UAS belum dilaksanakan maka Nilai Sekolah pun belum bisa kita input. Postingan ini hanya bertujuan memberikan penjelasan mengenai langkah mendapatkan Aplikasi Nilai Sekolah 2016. Anda juga tidak perlu terlalu terburu-buru untuk mendapatkan aplikasi ini, karena aplikasi ini juga bisa diperoleh saat admin kabupaten mensosialisasikan Aplikasi Nilai Sekolah 2016 dan bagaimana cara menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk keterangan lebih lanjut, nantikan aplikasinya di blog ini sampai dirilisnya Aplikasi Nilai Sekolah 2016. Sekian dari saya, semoga postingan ini memberikan manfaat.