Home » , , , » Cara Mengubah Nama Kepsek dengan Menggunakan Aplikasi BIO UN yang Bug Isiannya Terkunci

Cara Mengubah Nama Kepsek dengan Menggunakan Aplikasi BIO UN yang Bug Isiannya Terkunci

Written By Nasrul Alimuddin on Thursday, January 5, 2017 | 7:05 AM

Pengalaman ini berawal dari aplikasi BIO UN SD yang data kepseknya bisa dientri, sementara untuk BIO UN SMP/SMA/SMK tidak dapat dientri. Dari hal ini, saya mencoba mensiasati aplikasi BIO UN SMP dan SMA/SMK dengan cara merename beberapa bagian script file. Jika anda penasaran, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Rename file aplikasi BIO UN dengan nama BIO UASBN


2. Kemudian masuk ke dalam folder DATAPRG, dan rename file DBF Rayon, misalanya nama file rayonnya adalah RAYON17_19U dengan keterangan 17 = Tahun Anggaran, 19 = Kode Provinsi dan U = Jenjang SMA. File RAYON17_19U direname menjadi RAYON17_19D.


3. Setelah itu, masih di dalam folder DATAPRG cari file DBF lokasi sekolah anda, misalnya SEK17_1906U dengan keterangan 17 = Tahun Anggaran, 19 = Kode Provinsi, 06 = Kode Kabupaten, dan U = Jenjang SMA. File SEK17_1906U direname menjadi SEK17_1906D.


4. Selanjutnya adalah login ke aplikasi. Gunakan Username dan Password yang biasa anda gunakan untuk login ke BIO UN.


5. Setelah login, anda langsung berhadapan dengan jendela aplikasi BIO UN tepat di menu Isi Data. Di sebelah kiri, klik sub menu Sekolah. Anda akan melihat kotak dialog seperti gambar berikut, lalu klik tombol Ok.


6. Cari lokasi sekolah anda, lalu klik. Anda melihat kotak dialog seperti berikut. Silahkan diklik tombol Ignore, dan anda akan mendapati kotak dialog yang sama, klik lagi Ignore, begitu seterusnya hingga kotak dialognya hilang.


7. Ketika kotak dialognya sudah hilang, selanjutnya cari nama kepsek anda dan sesuaikan data kepsek anda.


Setelah data kepseknya sudah dientri, anda bisa keluar dari aplikasi, kemudian kembali ke point 1 sampai ke point 3 di atas. Rename filenya kembali seperti semula, yakni nama file aplikasinya BIO UN, nama file rayonnya RAYON17_19U, dan nama file sekolahnya SEK17_1906U. Kemudian login kembali ke aplikasi untuk melihat hasil perubahan yang sudah anda entri sebelumnya.

Nagh sekarang data kepsek anda sudah berubah !!!

Sekian dari saya, Wassalam ... !!!


Share this article :

Published By : Nasrul Alimuddin ~ SIP from PTK

Terimakasih telah membaca Cara Mengubah Nama Kepsek dengan Menggunakan Aplikasi BIO UN yang Bug Isiannya Terkunci...!!! Artikel ini dipublikasikan oleh Nasrul Alimuddin pada hari Thursday, January 5, 2017. Jika ingin menyebarluaskan artikel ini, anda dapat mengklik tombol berbagi atau tombol 'Share' yang terletak di setiap bawah postingan. Adapun kritik dan saran tentang Cara Mengubah Nama Kepsek dengan Menggunakan Aplikasi BIO UN yang Bug Isiannya Terkunci dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini.

:: Salam Admin ::

Komentar Sahabat
0 Komentar Sahabat